12 Jembatan Terpanjang di Indonesia, Capai Ribuan Meter

Indonesia merupakan negara kepulauan yang banyak dilalui sungai besar, sehingga tak heran jika jembatan menjadi salah satu bangunan yang banyak ditemui di berbagai pelosok daerah, entah itu sebagai penghubung antar kota maupun pulau.

Dari banyaknya jembatan, ternyata ada beberapa jembatan terpanjang di Indonesia yang panjangnya mulai dari ratusan meter hingga ribuan meter. Beberapa diantaranya menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat daerah.

Lantas jembatan apa saja, berapa panjangnya, dan bagaimana kisahnya? Berikut deretan jembatan terpanjang di Indonesia yang berhasil kami rangkum.

Jembatan Terpanjang di Indonesia

1. Jembatan Suramadu (5,43 kilometer)

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu. (Pixabay)

Kalau bicara soal jembatan terpanjang, jembatan yang diresmikan pada 2009 ini mungkin menjadi jembatan pertama yang terlintas di pikiran Anda. Yap, sampai saat ini jembatan penghubung Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura (Bangkalan) ini merupakan yang terpanjang di Indonesia.

Jembatan dengan panjang 5,43 kilometer ini membentang di atas Selat Madura. Jembatan ini dibangun untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura yang meliputi ekonomi dan infrastruktur yang cukup tertinggal dibanding daerah lain.

Memiliki lebar kurang lebih 30 meter, jembatan ini terdiri dari empat lajur dua arah selebar 3,5 meter, di setiap sisinya terdapat lajur khusus untuk pengendara sepeda motor.

2. Jembatan Pasupati (2,8 kilometer)

Jembatan Pasupati
Jembatan Pasupati. (Wowkeren)

Jembatan Pasupati atau yang juga dikenal sebagai Jalan Layang Pasupati merupakan jembatan terpanjang kedua di Indonesia yang menghubungkan bagian timur dan utara Kota Bandung.

Jembatan yang membentang sepanjang 2,8 kilometer ini melintasi lembah Cikapundung dan jalan Pasteur. Pembangunan jembatan ini dibiayai oleh dana hibah dari pemerintah Kuwait hingga menjadikannya jembatan layang pertama di Indonesia yang dibekali teknologi anti gempa.

Kekuatan jembatan ini tertumpu pada 10 kabel yang ada di sebelah barat dan 9 kabel di sebelah timur, ditopang oleh 46 tiang.

3. Jembatan Tayan (1,97 kilometer)

Jembatan Tayan
Jembatan Tayan. (Kompas)

Jembatan Tayan merupakan jembatan yang melintasi Sungai Kapuas, kabupaten Sanggau, Kalimantan Bara. Jembatan ini memiliki panjang keseluruhan mencapai 1,97 kilometer dan tinggi 13 meter di atas permukaan air Sungai Kapuas ketika banjir.

Biaya pembangunan Jembatan Tayan 90% berasal dari pinjaman China, sementara sisanya berasal dari APBN. Jembatan ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan mulai beroperasi pada Maret 2016.

4. Jembatan Mahkota II (1,42 kilometer)

Jembatan Mahkota II
Jembatan Mahkota II. (Lestplayplanet)

Jembatan Mahkota II merupakan jembatan yang berada di Kelurahan Simpang Pasir, Samarinda, Kalimantan Timur. Jembatan ini memiliki panjang 1,42 kilometer yang membentang melintasi Sungai Mahakam.

Pembangunan jembatan ini dimulai pada tahun 2002 dan sempat mangkrak karena pembiayaan APBN yang dihentikan. Namun pembangunan jembatan ini dilanjutkan kembali hingga selesai pada tahun 2016 dan mulai digunakan pada Januari 2017.

Jembatan ini juga sempat digoncang dengan isu retak hingga membuat masyarakat khawatir saat melintasi. Namun, Tim Teknis Dinas PUPR kota Samarinda bergerak cepat memeriksa kondisinya dan dipastikan aman saat dilintasi.

5. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (1,19 kilometer)

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah
Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. (Pesonasiak)

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah atau yang juga dikenal dengan nama Jembatan Siak terletak di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Jembatan ini membentang sepanjang 1,19 kilometer melintasi Sungai Siak.

Jembatan ini dibangun untuk memperlancar lalu lintas dari Kabupaten Siak ke Kota Pekanbaru maupun sebaliknya, sebelum dibangun masyarakat biasanya menyeberang melalui sungai.

Karena dibangun dengan desain yang epik, jembatan ini menjadi salah satu objek wisata dan ikon Kabupaten Siak sejak diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Agustus 2007.

6. Jembatan Ampera (1,17 kilometer)

Jembatan Ampera
Jembatan Ampera. (Notepam)

Jembatan Ampera merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir, Palembang, Sumatra Selatan.

Jembatan ini membentang sepanjang 1,17 kilometer lebar 22 meter melintasi Sungai Musi. Awalnya, bagian tengah Jembatan Ampera bisa diangkat untuk memberikan jalan pada kapal-kapal besar yang lewat.

Namun, sejak tahun 1970 bagian tengah jembatan ini sudah tidak bisa diangkat lagi dan bandul pemberatnya dibongkar pada tahun 1990 karena dikhawatirkan membahayakan masyarakat yang melintas.

7. Jembatan Merah Putih (1,14 kilometer)

Jembatan Merah Putih
Jembatan Merah Putih. (Kementerian PUPR)

Jembatan Merah Putih merupakan jembatan kabel pancang yang berada di kota Ambon, Provinsi Maluku. Jembatan ini memiliki panjang 1,14 kilometer yang menghubungkan Desa Rumah Tiga di Kecamatan Sirimau dan Desa Hative Kecil di Kecamatan teluk Ambon.

Jembatan yang menjadi ikon kota Ambon ini mulai dibangun pada Juli 2011 dan menelan biaya APBN sekitar Rp 779,2 miliar, jembatan ini diresmikan pada April 2016 oleh Presiden Joko Widodo.

Jembatan Merah Putih mempercepat waktu tempuh dari Bandara Pattimura ke pusat Kota Ambon. Sebelum ada jembatan ini, masyarakat harus menempuh jarak 35 kilometer selama 60 menit.

8. Jembatan Barito (1,08 kilometer)

Jembatan Barito
Jembatan Barito. (Backpackerjakarta)

Jembatan Barito atau yang juga biasa disebut jembatan Pulau Bakut berada di Provinsi Kalimantan Selatan. Jembatan ini memiliki panjang 1,08 kilometer membentang di atas Sungai Barito.

Diresmikan oleh Presiden Soeharto pada April 1997, jembatan yang menghubungkan jalan trans Kalimantan ini pernah tercatat dalam rekor Muri sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia.

9. Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (800 meter)

Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah
Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah. (Fin)

Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau yang juga dikenal dengan nama Jembatan Siak IV terletak di Pekanbaru, Provinsi Riau. Jembatan sepanjang 800 meter ini merupakan penghubung antara pusat Kota Pekanbaru dengan Kecamatan Rumbai Pesisir.

Jembatan ini diresmikan bersama dengan jalan layang Simpang Pasar Pagi Arengka dan Simpan SKA Soekarno-Hatta oleh Gubernur Riau, Whan Thamrin Hasyim, Februari 2019. Nama jembatan ini diambil dari nama pendiri Kota Pekanbaru sekaligus Sultan Siak ke-4.

10. Jembatan Mahakam Ulu (799 meter)

Jembatan Mahakam Ulu
Jembatan Mahakam Ulu. (Wikipedia)

Jembatan Mahakam Ulu atau yang biasa disingkat Mahulu merupakan jembatan sepanjang 799 meter yang menghubungkan kelurahan Loa Buah dengan Sengkotek, Samarinda. Jembatan ini memiliki panjang 799 meter yang membentang melintasi Sungai Mahakam.

Jembatan yang menelan biaya sekitar Rp 265 miliar ini awalnya dibangun untuk mengantisipasi kemacetan saat perayaan Pekan Olahraga Nasional XVII-2008, namun pembangunannya sempat molor dari target yang telah ditentukan dan baru diresmikan pada Juli 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

11. Jembatan Rumpiang (753 meter)

Jembatan Rumpiang
Jembatan Rumpiang. (Wikipedia)

Diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada April 2008, Jembatan Rumpian merupakan jembatan yang memiliki panjang 753 meter yang membentang di atas Sungai Barito.

Jembatan ini dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas yang bergerak dari Kota Marabahan menuju Banjarmasin yang sebelumnya hanya bisa ditempuh menggunakan kapal feri.

12. Jembatan Merah Youtefa (732 meter)

Jembatan Merah Youtefa
Jembatan Merah Youtefa. (indonesia.go.id)

Jembatan yang awalnya bernama Holtekamp ini memiliki panjang 732 meter yang menghubungkan Holtekamp dengan Hamadi, Provinsi Papua. Jembatan ini membentang melintasi Teluk Youtefa.

Sebelum dibangun, masyarakat Kota Jayapura yang ingin ke Distrik Muara Tami atau sebaliknya harus menempuh jarak sejauh 35 kilometer selama 1 jam, namun dengan adanya jembatan ini masyarakat hanya perlu melewati jarak 12 kilometer selama 15 menit.

Sebagian besar jembatan dibangun untuk memperlancar lalu lintas dari satu daerah ke daerah yang lainnya, dengan adanya jembatan tersebut masyarakat bisa mempersingkat waktu tempuh dan jarak.

Itulah deretan jembatan terpanjang di Indonesia yang sangat membantu masyarakat di berbagai daerah. Soal panjang memang masih jauh dari jembatan terpanjang di dunia, namun soal desain dan keindahan tentu nggak kalah ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkait

20 Gedung Tertinggi di Dunia yang Menjulang Ratusan Meter

Kalau bicara soal gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Burj Khalifa mungkin gedung pertama yang terlintas di pikiran Anda. Yap, gedung yang...

10 Gedung Tertinggi di Dubai Capai Ratusan Meter, Burj Khalifa Termasuk

Dubai merupakan kota terbesar di Uni Emirat Arab yang dikenal memiliki masyarakat dengan gaya hidup yang glamor dan mewah. Kota yang yang...

15 Gedung Tertinggi di Jakarta Capai Ratusan Meter

Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, arsitektur di Jakarta terus mengalami perkembangan. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Jakarta memiliki sejumlah gedung tertinggi...

10 Jembatan Tertinggi di Dunia yang Bikin Takjub, Capai Ratusan Meter

Membangun jembatan tertinggi di dunia tentunya membutuhkan teknologi yang mumpuni untuk memperlancar proses pembangunan, pasalnya jembatan-jembatan ini dibangun di atas jurang dengan...

Terbaru

Kalahkan Lady Gaga ft. BlackPink, Ini 5 Fakta Lagu Kekeyi “Keke Bukan Boneka”

Setelah menghebohkan jagat maya karena pacar "setingan" dengan Rio Ramadhan dan make up balon airnya. YouTuber Kekeyi tampaknya mulai melebarkan sayap ke...

10 Potret Kedekatan Dita Karang “Secret Number” Bersama Sang Kakak

Nama Dita Karang mencuat setelah debut sebagai member Secret Number, wanita kelahiran Yogyakarta, 25 Desember 1996 ini berhasil mencuri perhatian publik, bukan...

20 Gedung Tertinggi di Dunia yang Menjulang Ratusan Meter

Kalau bicara soal gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Burj Khalifa mungkin gedung pertama yang terlintas di pikiran Anda. Yap, gedung yang...

10 Gedung Tertinggi di Dubai Capai Ratusan Meter, Burj Khalifa Termasuk

Dubai merupakan kota terbesar di Uni Emirat Arab yang dikenal memiliki masyarakat dengan gaya hidup yang glamor dan mewah. Kota yang yang...

15 Gedung Tertinggi di Jakarta Capai Ratusan Meter

Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, arsitektur di Jakarta terus mengalami perkembangan. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Jakarta memiliki sejumlah gedung tertinggi...