Bukti Indahnya Kerukunan Beragama, Umat Islam Bangun Gereja di NTT

Sebagai negara yang memiliki keragaman budaya, bahasa, dan agama, masyarakat Indonesia perlu memiliki sikap toleransi yang tinggi agar tak memicu gesekan antar masyarakat.

Sikap tersebut tampaknya sudah tertanam kuat pada masyarakat di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), masyarakat kristiani dan muslim yang hidup di pulau “Negeri Seribu Bukit” tersebut hidup rukun berdampingan.

Gereja Ismail merupakan salah satu bukti kerukunan umat beragam di NTT. Pasalnya, gereja tersebut dibangun atas inisiatif masyarakat muslim yang hidup berdampingan dengan masyarakat penganut agama kristiani.

Sebagaimana dihimpun dari BBC.com, berikut beberapa bukti kerukunan antar umat beragam di Nusa Tenggara Timur yang bisa menjadi contoh masyarakat lain.

Membangun Gereja Atas Inisiatif Umat Muslim

Gereja Ismail NTT
Gereja Ismail di Alor, NTT. (BBC)

Rumah ibadah menjadi salah satu tempat yang cukup penting bagi umat beragama. Sadar akan hal tersebut, umat muslim di NTT tepatnya di kampung Ilawe Desa Alila Timur berinisiatif membangun rumah ibadah umat kristiani.

Menurut sejarahnya, beberapa bagian gereja hancur karena gempa besar yang terjadi di Alor pada 1991 lalu. Kemudian masyarakat setempat gotong royong untuk membangun kembali gereja tersebut, salah satunya adalah keluarga Imam Masjid Darul Falaq, Dahlan Lobang, yang memiliki kakak bernama Ismail.

Setelah pembangunan selesai pada 1949 lalu, gereja tersebut diberi nama Ismail sebagai bentuk penghormatan atas jasanya.

Umat Kristiani Juga Saling Membantu Membangun Masjid

Masjid di Alor NTT
Masjid di Alor, NTT. (BBC)

Selain menghancurkan gereja, gempa bumi yang terjadi di NTT tersebut juga turut menghancurkan dua rumah ibadah umat muslim yang ada di Desa Dulolong Barat, Kecamatan Alor Barat Laut.

Umat kristiani di sana juga turut membantu membangun masjid tersebut. Menurut sekertaris gereja Imanuel Folbo, Martinus Beka, kerukunan warga muslim dan kristen sudah terjalin sejak nenek moyang.

Kerukunan yang Terjalin Selama Ratusan Tahun

Sesepuh Kampung Alor NTT
Sesepuh Kampung Alor, NTT. (BBC)

Kerukunan umat beragama di NTT ternyata sudah terjalin selama ratusan tahun. Hal ini diungkapkan Martinus Beka, menurutnya kerukunan ini sudah terjalin sejak orang tua mereka tinggal di gunung.

Bahkan perihal gotong royong, menurutnya sudah menjadi budaya, saking rukunnya orang luar tidak akan mengenali mana kristen mana islam. Apabila ada kegiatan di masjid mereka akan saling membantu, begitu pula di gereja.

Idul Fitri dan Natal Merupakan Perayaan Bersama

Muhamad Marhaban NTT
Muhamad Marhaban, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Alor, NTT. (BBC)

Perbedaan agam dalam satu keluarga di kalangan masyarakat NTT adalah hal yang biasa. Bahkan saking rukunnya, hari raya Idul Fitri dan Natal dianggap sebagai perayaan bersama untuk semua kalangan masyarakat.

“Dalam pawai Ramadhan semua masyarakat ikut terlibat tidak memandang agama, begitu pula ketika kita mengadakan MTQ, itu yang jadi panitia adalah saudara kita yang beragama Kriste,” ujar Marhaban, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Alor.

Konflik umat beragama di NTT terutama perihal pembangunan rumah ibadah tidak pernah terjadi, bahkan menurut Marhaban, masyarakat saling membantu karena mereka merasa berasal dari keluarga yang sama.

Kerukunan antar umat beragama di NTT menjadi bukti indahnya kerukunan. Meski berbeda keyakinan, mereka bisa saling melengkapi dan menghargai satu sama lain dan mempererat tali persaudaraan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkait

7 Kisah Anak Penghafal Al-Quran dengan Keterbatasan Fisik

Bagi sebagian orang keterbatasan terkadang dijadikan sebagai alasan untuk bermalas-malasan, namun bagi orang yang punya semangat tinggi untuk belajar ada banyak cara...

Terbaru

Kalahkan Lady Gaga ft. BlackPink, Ini 5 Fakta Lagu Kekeyi “Keke Bukan Boneka”

Setelah menghebohkan jagat maya karena pacar "setingan" dengan Rio Ramadhan dan make up balon airnya. YouTuber Kekeyi tampaknya mulai melebarkan sayap ke...

10 Potret Kedekatan Dita Karang “Secret Number” Bersama Sang Kakak

Nama Dita Karang mencuat setelah debut sebagai member Secret Number, wanita kelahiran Yogyakarta, 25 Desember 1996 ini berhasil mencuri perhatian publik, bukan...

20 Gedung Tertinggi di Dunia yang Menjulang Ratusan Meter

Kalau bicara soal gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Burj Khalifa mungkin gedung pertama yang terlintas di pikiran Anda. Yap, gedung yang...

10 Gedung Tertinggi di Dubai Capai Ratusan Meter, Burj Khalifa Termasuk

Dubai merupakan kota terbesar di Uni Emirat Arab yang dikenal memiliki masyarakat dengan gaya hidup yang glamor dan mewah. Kota yang yang...

15 Gedung Tertinggi di Jakarta Capai Ratusan Meter

Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, arsitektur di Jakarta terus mengalami perkembangan. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Jakarta memiliki sejumlah gedung tertinggi...